Setelah Motor dan Mobil, Honda Juga Bawa Pesawat ke Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia Untuk pertama kalinya, pesawat terbang buatan Honda tiba di Jakarta. HondaJet mendarat di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma,  Jakarta Timur, Selasa (26/9). Kunjungan pesawat ini ke Indonesia merupakan bagian dari perjalanan kelilin ke-26 negara di dunia.

Perjalanan tersebut dilakukan oleh konsumen HondaJet, yakni Julian dan Kim MacQueen dengan memakan waktu sedikitnya selama 80 hari.

Presiden dan CEO Honda Aircraft Michimasa Fujino, mengatakan terbangnya pesawat tersebut ke berbagai negara memiliki tujuan untuk mengenalkan kemampuan serta performa HondaJet. Terdapat pertunjukan serta demo penerbangan dalam turnya.

“Kami senang karena pelanggan menggunakan HondaJet untuk tur dunia mereka. Saya harap banyak orang di seluruh dunia melihat HondaJet secara langsung dan melihat kinerja, kualitas dan keandalan pesawat ini,” kata Fujino di Jakarta, Selasa (26/9).

Tur dunia HondaJet sendiri dimulai pada 4 Agustus 2017 di Pensacola International Airport, Florida, Amerika Serikat dan berakhir pada pertengahan Oktober mendatang.

HondaJet dikembangkan oleh Honda Aircraft Company dan diklaim sebagai pesawat jet cepat, dengan kemampuan terbang tinggi, kabin senyap, dan bahan bakar efisien.

Setelah Motor dan Mobil, Honda Juga Bawa Pesawat ke IndonesiaInterior HondaJet (dok. Honda)

Terdapat inovasi teknologi dalam desain penerbangan dalam pengembangan HondaJet, termasuk konfigurasi Over-The-Wing Engine Mount (OTWEM) yang berguna meningkatkan kinerja dan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi hambatan aerodinamis.

Setelah Motor dan Mobil, Honda Juga Bawa Pesawat ke IndonesiaArea kokpit HondaJet (dok. Honda)

Desain OTWEM juga mengurangi suara dalam kabin, meminimalkan kebisingan yang dideteksi dari daratan. Pabrikan asal Jepang ini juga menyebut jika bagian kabin Honda terbilang lebih lapang di kelasnya, termasuk untuk ukuran bagasi sampai dengan kamar mandi.

Pesawat pertama buatan Honda itu juga dilengkapi dengan dek penerbangan kaca yang tersedia dalam jet bisnis ringan, Garmin G3000. (eks)

Setelah Motor dan Honda Juga
Setelah Motor dan Honda Juga
Setelah Motor dan Honda Juga
Setelah Motor dan Honda Juga
sumber: cnnindonesia.com