Dukung Hallyu, Korsel Bangun Kompleks Studio Film Raksasa

Jakarta, CNN Indonesia Korea Selatan akhirnya secara resmi membuka Studio Cube, kompleks lokasi syuting terbesar yang dilengkapi fasilitas seni untuk produksi film dan drama. Studio raksasa ini dibuka setelah proses konstruksi selama dua tahun di Kota Daejeon.

Melansir Yonhap News, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan berafiliasi dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA) merayakan pembuakaan Studio Cube dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh pejabat pemerintah pusat dan lokal, termasuk Menteri Kebudayaan Do Jong Hwan dan para tokoh perfilman.

Terletak di EXPO Science Park, 164 kilometer di sisi selatan Seoul, fasilitas yang dikelola pemerintah ini adalah bangunan dua lantai dengan lantai seluas 32.040 meter persegi. Pembangunan studio ini menghabiskan biaya sebesar 79,7 miliar won atau sekitar Rp935 miliar.
Pemerintah Korea Selatan berharap pembuatan studio dengan kapabilitas film skala besar ini mampu mendorong daya kompetisi drama televisi domestik, khususnya, yang berdiri sebagai pusat budaya pop Korea atau hallyu hampir di seluruh penjuru Asia.

Fasilitas ini dilengkapi dengan Studio A, sebuah panggung suara raksasa berukuran 5.000 meter persegi. Studio ini lebih dari dua kali ukuran Wongbang Studio, Provinsi Gyeonggi, yang sebelumnya merupakan lokasi syuting terbesar di Korea Selatan.

Studio Cube juga memiliki tiga studio umum, sebuah studio dengan set spesial seperti ruangan operasi, sebuah ruang pengadilan, sebuah penjara dan sebuah bandara; sebuah studio dengan efek spesial; dan perlengkapan produksi seni serta fasilitas penunjang yang berhubungan dengan syuting drama dan film.

'The Battleship Island' menjadi blockbuster tahun ini.‘The Battleship Island’ menjadi blockbuster tahun ini. (Foto: Dok. IMDB)

KOCCA, selaku pihak yang mengoperasikan Studio Cube, mengeluarkan biaya total 4 miliar won atau sekitar Rp47 miliar untuk perlengkapan spesial.

Karena kabar bahwa lokasi syuting baru ini dilengkapi dengan fasilitas produksi seni canggih beredar cepat, Studio Cube kini telah menjadi tempat populer untuk produksi drama dan film.

Drama politik 1987 telah selesai digarap di Studio Cube. Changgueol, film laga sejarah yang dibintangi aktor kondang Hyun Bin dan Jang Dong Gun, serta Inrang, film laga fiksi ilmiah baru yang disutradarai Kim Jee Woon juga dijadwalkan akan segera dikerjakan di lokasi ini.

Tak hanya itu, Black, sebuah serial televisi yang dibintangi Song Seung Heon dan Go Ara telah diproduksi di Studio Cube dan akan dirilis oleh OCN pada awal Oktober mendatang.
Pejabat promosi konten Studio Cube, Lee Young Jae mengungkapkan, pihaknya telah kebanjiran reservasi dari stasiun televisi dan perusahaan produksi film untuk sekitar 20 drama dan sinema tahun depan.

“Kami akan berupaya mengamankan daya kompetisi industri siaran dengan membangun infrastruktur produksi video seperti studio raksasa yang sulit mendapatkan investasi dari sektor swasta, dan menjadikan Studio Cube sebagai ‘mekkah’ produksi konten hallyu,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Kami juga akan berpikir untuk mengubah lokasi syuting drama dan film yang digarap di sini menjadi tempat wisata setelah berkonsultasi dengan perusahaan produksi mereka.”
(res/res)

Dukung Korsel Bangun Kompleks Studio
Dukung Korsel Bangun Kompleks Studio
Dukung Korsel Bangun Kompleks Studio
Dukung Korsel Bangun Kompleks Studio
sumber: cnnindonesia.com