Soetran Award, Cara Pemkab Trenggalek Apresiasi Desa Inovatif

Trenggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek memberikan apresiasi kepada pemerintah desa yang dinilai memiliki inovasi pelayanan dan pembangunan melalui program penghargaan ‘Soetran Award’.

Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak mengatakan, penghargaan tersebut diberikan dengan tiga kategori, yaitu desa inovatif dalam bidang pelayanan masyarakat, desa inovatif dalam bidang pembangunan serta desa yang memiliki inovasi dalam bidang pengembangan perekomomian.

“Kami bekerjasama dengan Universitas Brawijaya untuk menilai desa-desa tersebut, jadi ini benar-benar obyektif. Tadi kami juga sudah dengarkan bersama Pak Sekjen juga memberikan apresiasi terhadap award ini,” katanya, Kamis (31/8/2017).

Emil menjelaskan, program penghargaan tersebut sengaja dilakukan untuk merangsang pemerintah desa agar memiliki inovasi yang bagus dalam berbagai hal, sehingga mampu menopang pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Desa ini ke depannya akan menjadi sesuatu yang istimewa di Indonesia, khususnya di Trenggalek. Karena mereka bisa menggalang gotong royong, memiliki kebersamaan warga yang tinggi dan unit desa ini bisa menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa,” katanya.

Pihaknya mengaku, pemerintah kabupaten akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan dukungan kepada desa inovatif dengan berbagai kebijakan, bahkan pihaknya juga akan mengajak pemerintah provinsi dan pusat memberikan perhatian khusus kepada desa-desa inovatif.

“Untuk juara satu akan mendapatkan uang pembinaan Rp 30 juta yang sudah dimasukkan dalam APBDes. Ini juga sekaligus untuk menyemangati desa-desa untuk mencari solusi dan inovasi dalam menjawab persoalan di desa masing-masing,” ujarnya.

Dalam program Soetran Award 2017 tersebut terdapat sembilan desa yang mendapatkan penghargaan, untuk desa yang memiliki inovasi dalam bidang pelayanan masyarakat terdapat tiga desa yakni juara satu Desa Mlinjon, Kecamatan Suruh. Desa tersebut memiliki inovasi dengan kartu Mlinjon Cepat yang bisa digunakan untuk mendapatkan pelayanan berbagai surat menyurat.

Sedangkan juara kedua adalah Desa Durenan, Kecamatan Durenan dengan program ramah anak, serta juara tiga diarih oleh Desa Nglebo, Kecamatan Suruh, yang dinilai berhasil mempercepat pelunasan pajak bumi dan bangunan dengan tanpa SPPT.

Dalam bidang inovasi pembangunan, Soetran Award diberikan kepada Desa Karanganyar Kecamatan Gandusari, Desa Karangturi Kecamatan Munjungan serta Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul.

Sementara itu untuk penghargaan dalam bidang inovasi ekonomi kemasyarakatan, diberikan kepada Desa Gading Kecamatan Tugu, Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan serta Desa Baruharjo Kecamatan Durenan.
(iwd/iwd)

Soetran Cara Pemkab Trenggalek Apresiasi
Soetran Cara Pemkab Trenggalek Apresiasi
Soetran Cara Pemkab Trenggalek Apresiasi
Soetran Cara Pemkab Trenggalek Apresiasi
sumber: news.detik.com