Pemprov Jabar Siap Tertibkan Puluhan Pasar Tumpah di Jalur Mudik

Bandung – Pasar tumpah menjadi salah satu penyebab kemacetan saat arus mudik Lebaran. Pemprov Jabar bersama instansi terkait lainnya akan menertibkan puluhan pasar tumpah yang ada di jalur mudik tahun ini.

Sekda Jabar Iwa Karniwa menyebut pasar tumpah memicu masalah lalu lintas kendaraan. Meski pasar tumpah ini fenomena musiman, terutama jelang hari raya Idul Fitri, keberadaannya kerap menimbulkan kemacetan.

Untuk itu, Pemprov Jabar bersama polisi dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di kabupaten dan kota siap menertibkan pasar tumpah yang ada di jalur mudik. Sedikitnya ada 40 titik pasar tumpah yang tersebar di area perlintasan jalur mudik.

Di jalur utara kurang lebih ada 20 titik pasar tumpah, 15 titik di jalur tengah dan lima titik di jalur selatan. “Sementara untuk pasar tradisional hanya dari jalur utama akan dilakukan relokasi,” kata Iwa, saat dihubungi, Sabtu (3/6/2017).

Dia melanjutkan, Jabar menjadi daerah lintasan dan tujuan mudik. Pemprov bersama Polda Jabar dan instansi terkait telah melakukan identifikasi serta memecahkan persoalan guna membuat nyaman dan aman pemudik.

“Untuk jalur selatan, bagaimana pihak terkait bisa mengurangi kemacetan Rancaekek, Nagreg Limbangan, Kadungora, Leles dan Ciawi,” ujarnya.

Lalu di jalur tengah, diharapkan perbaikan infrastruktur seperti di Ciawi, Puncak dan Cipanas bisa segera diselesaikan. “Dinas terkait juga menyiapkan tenaga-tenaga teknis di lapangan untuk menunjang operasional (selama arus mudik dan balik tahun ini),” ujar Iwa.
(bbn/bbn)

Pemprov Jabar Siap Tertibkan Puluhan
Pemprov Jabar Siap Tertibkan Puluhan
Pemprov Jabar Siap Tertibkan Puluhan
Pemprov Jabar Siap Tertibkan Puluhan
sumber: news.detik.com